Monday, March 9, 2009

Montelibano, Sapi Main Bola




Sapi main bola yang ini, bukanlah dialeg saudara saya yang seperti disingkat, maksudnya 'saya pergi main sepakbola', tetapi adalah pemandangan ketika melintasi sabana dengan kandang luas dan sapi berlarian, layaknya bermain bola saat memasuki Montelibano, sebuah kota kecil di propinsi Cordoba, kira-kira berjarak 22.500 Kilometer dari Airmadidi, atau 29 jam di udara dari Samratulangi Airport ke Medellin, mengitari setengah bumi.

Daerah ini kaya bahan tambang serta sabana yang sangat indah. Masyarakatnya yang penganut Maronite RK, merupakan paduan Colombia, Indian, Spanyol dan imigran sejak dinasti Otoman, adalah komunitas pekerja yang kuat. Mereka menamakan daerah ini untuk mengenang mount Lebanon. Penduduk setempat berkomunikasi dengan bahasa Spanyol, dan agak sulit berbahasa Inggris.
Mungkin karena penguasaan dan penggunaan bahasa Spanyol di hampir semua Latin Amerika, sehingga untuk untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat, sebaiknya mengenal sapaan sehari-hari. Itupun asal memiliki keberanian yang cukup, karena meski aman dan masyarakatnya baik dan bersahaja, kadang kita lebih sering terpengaruh oleh cerita lama tentang Escobar dari Medellin yang terkenal seantero jagad. Hola, Puede Usted ayudarme? Lo siento no hablo espanola. Gracias por Su hospitalidad..Hasta Luego

No comments:

Post a Comment